Setelah kita menentukan penyedia jasa hosting yang dipakai setelah mempertimbangkan benefit serta harganya. Maka langkah selanjutnya adalah pendaftaran nama domain bila kita belum memiliki nama domain (domain names registration) ataupun transfer domain (domain transfer) bila kita ingin pindah ke penyedia jasa hosting lainnnya.

Dikarenakan domain bersifat tunggal maka sebelum kita mendaftarkan domain, langkah pertama adalah kita mencek nama domain apakah sudah ada yang punya atau belum pada kolom cek domain pada situs penyedia jasa hosting. Kemudian setelah di dapat nama domain yang dikehendaki langkah selanjutnya adalah mendaftar/membeli.

Pada umumya penyedia jasa hosting begitu selesai proses ini akan masuk ke menu paket hosting yang ingin dibeli. Begitu seterusnya hingga proses pembayaran selesai.

Parkir Domain ke Penyedia Jasa Hosting 

Pada umumnya langkah ini terjadi bila kita pada saat mendaftarkan nama domain berbeda dengan jasa penyedia hosting. Bila anda mendaftarkan nama domain sekaligus dengan jasa penyedia jasa hosting biasanya langkah ini tidak perlu dilakukan karena pada umumnya sudah otomatis diparkirkan ke penyedia jasa hosting.

Akan tetapi bila pendaftaran nama domain berbeda dengan jasa penyedia hosting maka langkah yang harus dilakukan adalah transfer domain ke penyedia jasa hosting.

Transfer Domain ke Penyedia Jasa Hosting

Sebelumnya anda melakukan transfer domain, anda harus menanyakan terlebih dahulu nama domain name server (dns) / name server (ns) penyedia jasa hosting yang ingin anda pilih/baru. Biasanya namanya dimulai dengan NS atau DNS.

Contoh :

DNS1.INDONESIA-WEBHOSTING.COM                              NS1.INDONESIA-WEBHOSTING.COM

DNS2.INDONESIA-WEBHOSTING.COM                              NS2.INDONESIA-WEBHOSTING.COM

Catat nama domain server yang diberikan penyedia jasa hosting yang baru, kemudian anda login ke kontrol panel tempat anda membeli nama domain/penyedia jasa hosting yang lama. Pilih menu domain  => edit dns. Setelah itu isikan alamat DNS/NS sesuai yang diberikan oleh penyedia jasa hosting yang baru. Isilah kedua-keduanya lalu simpan/save.

Contoh :

DNS1.INDONESIA-WEBHOSTING.COM                              NS1.INDONESIA-WEBHOSTING.COM

DNS2.INDONESIA-WEBHOSTING.COM                              NS2.INDONESIA-WEBHOSTING.COM

Maka tahap parkir domain / transfer domain sudah selesai.

Catatan :

Proses pendaftaran nama domain yang baru atau transfer nama domain biasanya beroperasi normal setelah 24-48 jam. Jadi anda tidak perlu khawatir bila domain anda belum tercatat. Akan tetapi bila lebih dari 48 jam maka barulah anda hubungi penyedia jasa domain / hosting.